Compsognathus

Compsognathus adalah jenis dinosaurus kecil yang menyerang secara berkelompok seperti Velociraptor. Kelompok Compsognathus jauh lebih banyak daripada Velociraptor, karena tubuh mereka jauh lebih kecil. Strategi kelompok Compsognathus lebih agresif daripada Velociraptor. Mereka tidak menggunakan pengalih perhatian, melainkan bantuan tambahan di belakang mereka yang sudah siap siaga. Compsognathus, Velociraptor, dan Tyrannosaurus memiliki bentuk yang mirip, tetapi mereka memiliki jenis yang berbeda. Dinosaurus ini merupakan dinosaurus yang paling kecil dengan panjang 60 cm dan hanya sebesar ayam. Hidup pada zaman Jurassic akhir sampai dengan awal Cretaceous.

Compsognathus  adalah dinosaurus karnivora bipedal theropoda kecil, yang ukuran ayam yang hidup di Periode Jurassic akhir yang sekarang diperkirkan diEropa, dengan menemukan fosil dari Jerman, Perancis dan Portugal.

Selama bertahun-tahun, Compsognathus secara luas dikenal sebagai dinosaurus terkecil, namun beberapa lainnya kini diketahui yang lebih kecil. Ini termasuk Microraptor, Parvicursor dan Caenagnathasia.

Compsognathus diketahui dari dua kerangka yang hampir lengkap, satu dari Jerman yang 90 cm panjang dan lain dari Perancis yang 125 cm. kerangka lainnya mengindikasikan berbagai ukuran 70-140 cm. Gigi dari Portugal juga telah ditetapkan pada genus. Meskipun spesimen Perancis pada awalnya digambarkan sebagai spesies yang terpisah (Compsognathus corallestris), baik itu dan spesimen Jerman sekarang dianggap Compsognathus longipes. Sebuah kaki parsial juga telah disebut Compsognathus tetapi hal ini kemudian telah disproven.

Compsognathus mungkin memiliki hanya dua digit pada tubuh depan, karena tidak ada tulang sepertiga digit telah ditemukan. Namun, ‘tangan’ adalah disarticulated, jadi ini masih belum pasti. Tampaknya Compsognathus memangsa vertebrata kecil, karena sisa-sisa kadal Bavarisaurus telah ditemukan di rongga dada nya.

Selama bertahun-tahun, Compsognathus adalah theropoda kecil hanya terkenal dan dengan demikian dibandingkan dengan Archaeopteryx sebagai nenek moyang dinosaurian atau relatif dari burung. Sekarang diketahui bahwa banyak jenis dinosaurus lebih erat terkait dengan burung, termasuk Segnosaurus, Oviraptor dan Deinonychus.

Hal ini sering dikatakan bahwa Compsognathus tidak memiliki bulu, karena tidak ada yang diawetkan dengan kerangka baik, sementara Archaeopteryx, yang ditemukan pada sedimen yang sama, kadang-kadang memelihara bulu. Namun, hanya bulu selalu disimpan pada Archaeopteryx adalah orang-orang besar di sayap dan ekor. Bulu-bulu pendek yang menutupi tubuh jarang diawetkan. Seorang kerabat Compsognathus, Sinosauropteryx, hanya memiliki bulu pendek, sehingga Compsognathus mungkin adalah berbulu juga.

Dalam budaya populer
Compsognathus muncul dalam film The Lost World: Jurassic Park dan Jurassic Park 3 (keliru diidentifikasi di bekas sebagai “triassicus Compsognathus”, menggabungkan nama genus Compsognathus dengan nama spesies Procompsognathus, yang karnivora kecil yang terdapat dalam novel Jurassic Park) . Dalam The Lost Dunia, “compys” ditunjukkan sebagai hewan yang sangat sosial yang diburu dalam kemasan. Satu pak hewan ini menyerang seorang gadis, melukai, dan pak lainnya membunuh seorang pria yang telah jatuh ke tebing. Dalam Jurassic Park 3 mereka bukan sebagai setan, terlihat hanya sebentar makan serangga. Mereka menonjol ditampilkan di berbagai video game Jurassic Park, seperti game PC Jurassic Park: Dino Defender dan SNES game pertama Jurassic Park.

Mereka juga ditampilkan dalam Turok: Dinosaur Hunter seri video game, yang juga menggambarkan mereka sebagai memiliki perilaku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s