Quetzalcoatlus

Quetzalcoatlus adalah seekor Pterosaur, sekaligus hewan terbang terbesar dalam sejarah. Lebar sayap yang terbesar sepanjang 12 meter (sebesar pesawat bermesin propeler). Kehidupannya kira-kira di sekitar pantai, karena bentuk paruhnya yang memungkinkan untuk menangkap ikan.

Tengkorak (dari spesies kecil yang belum diberi nama) menunjukkan Quetzalcoatlus memiliki paruh yang sangat panjang dan runcing. Seperti kebanyakan jenis Pterodactyl, Quetzalcoatlus memiliki mahkota, namun bentuk dan ukuran pastinya belum diketahui.

Saat pertama kali ditemukan, para ahli memperkirakan ukuran Quetzalcoatlus terbesar datang dari fosil seekor individu dengan rentang sayap sebesar 15.5 meter. Tahun 1981, penelitian lebih lanjut mengubah perkiraan ini menjadi 11–12 meter. Perkiraan terkini berdasarkan berdasarkan pengetahuan dalam proporsi azhdarchid menempatkan rentang sayapnya menjadi 10–11 meter (33–36 ft).

Memperkirakan berat untuk spesies Azdarchid menuai permasalahan karena masing – masing spesies memiliki ukuran dan bentuk tubuh yang berbeda – beda, dan hasil perkiraan beratnya pun juga berbeda – beda. Di tahun 2002 penelitian menyebutkan massa tubuh sebesar 90–120 kilogram untuk Quetzalcoatlus, lebih rendah dibandingkan penelitian lainnya. Perkiraan lainnya berkisar hingga 200–250 kilogram.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s